6/10/11

Bentuk Morfologi Hamster

Hamster adalah salah satu Hewan Peliharaan dari jenis hewan pengerat yang sangat lincah dan gesit.  Karena itulah tubuh hamster gempal dan kuat. Di habitatnya, hamster tinggal di dalam lubang bawah tanah pada siang hari, agar tidak dimangsa oleh predator.  Hamster berkembang biak sangat cepat terutama jika dipelihara dan biasa menjadi hewan percobaan di laboratorium. Berikut akan di jelaskan bentuk morfologi hewan peliharaan hamster, secara lebih spesifik yaitu :

Berikut artikel yang pembahasan tentang Bentuk Morfologi Hamster;

Mata
Warna mata hamster terbagi menjadi beberapa tipe, yakni merah, ruby, hitam, kombinasi merah, kombinasi ruby, serta kombinasi hitam dan ruby. Ukuran mata hamster terbilang cukup besar untuk binatang seukurannya. Hamster juga memiliki kemampuan melihat ke segala arah karena posisi matanya berada di bagian samping kepala. Sayangnya, hewan ini buta warna sehingga penglihatannya tidak sempurna

Hidung
Hidung hamster berukuran kecil sehingga hanya terlihat seperti tonjolan. Meskipun begitu, hamster merupakan hewan memiliki indra penciuman sangat tajam. Biasanya mengenali bau di sekitarnya dengan cara mengendus sambil mengangkat kedua kaki depan. Penciuman yang tajam berguna untuk mengimbangi penglihatan hamster yang kurang baik.

Pipi
Salah satu bagian tubuh yang khas dari hamster adalah pipinya. Hamster memiliki pipi yang cukup elastis sehingga sering disebut sebagai kantong pipi. Fungsi kantong pipi ini untuk mengangkut dan memindahkan makanan. Di alam bebas, makanan diambil dari sumbernya, kemudian dimasukkan kedalam lubang sebelum dinikmati. Di dalam kandang, kantong pipi digunakan untuk membawa makanan dari wadah pakan ke tempat yang disukainya. Kantong pipi juga berfungsi untuk mengangkut bahan-bahan membuat sarang dan menakut-nakuti musuh.

Telinga
Telinga hamster kecil dan pendek, tetapi pendengarannya sangat tajam. Komunikasi antar sesama hamster dilakukan menggunakan gelombang ultrasonik.

Gigi
Sebagaimana layaknya hewan pengerat, hamster memiliki gigi yang dapat tumbug terus-menerus. Untuk mencegahnya, hamster selalu menggigiti benda apa saja yang ada di sekitarnya. Kebiasaan ini mirip dengan kebiasaan tikus. Memberi makanan dengan tekstur keras mampu menjaga gigi hamster agar tidak terus tumbuh. Gigi hamster yang terus tumbuh adalah sepasang gigi seri masing-masing di rahang atas dan bawah. Total gigi hamster adalah 16 buah.

Kumis
Hamster  termasuk hewan berkumis. Kumisnya ini berfungsi sebagai alat navigasi saat beraktivitas di kegelapan. Kumis pada hamster mulai jelas terlihat pada umur sekitar satu minggu.

Tubuh
Hamster memiliki ukuran tubuh relatif kecil. Hamster dewasa memiliki panjang tubuh 7 - 10 cm. Hamster jenis tertentu panjang tubuhnya 18 - 20 cm. Tubuhnya kuat dan lentur, Tidak seperti tikus, hamster memiliki bulu yang lebat dan halus di sekujur tubuhnya. Bulu-bulu tersebut memenuhi hingga telinga, ekor, dan kaki. Namun hewan ini tergolong hewan berumur pendek. Masa hidupnya hanya sekita 2 - 4 tahun.

Kaki dan Ekor
Hamster memiliki ekor yang sangat pendek sepintasterlihat tidak berekor. Selain ekor, kaki hewan ini juga terbilang pendek, tetapi cukup kuat sehingga dapat diandalkan untuk memanjat

0 komentar:

Post a Comment