8/19/11

Tips Merawat Kelinci Hamil

Untuk merawat Hewan Peliharaan kelinci yang sedang hamil haruslah berhati-hati karena perawatan yang kurang baik akan menyebabkan kelinci gagal hamil dan melahirkan, sehingga akan sulit beranak-pinak.

Masa kehamilan kelinci adalah 29 hingga 33 hari, kelinci betina yang sedang hamil membutuhkan perhatian khusus. Karena nafsu makannya meningkat maka jaga suplai makanan dan minuman tetap baik. Jangan sampai kelaparan atau haus hingga menjadi stress, bahkan kanibal. Bila perlu, usap-usap dan belailah dengan lembut.

Jika terjangkit kutu atau scbies, jangan disuntik cukup diberi obat salep antikutu atau scabiesced. Karena obat suntik dapat menyebabkan keguguran.

Memasuki hari ke-17 kelinci akan mulai gelisah dan mengeruk-ngeruk kandang atau menggali tanh, mengumpulkan jerami atau serpihan kertas, dan mencabuti bulunya untuk tempat tidur si anak. Segera sediakan kotak dengan jerami kering di dalamnya, pastikan bersih, kering dan bebas kutu.

Biarkan kelinci agar nyaman, hindarkan dari hewan lain seperti kucing, tikus, anjing, dan jangan terlalu sering dilihat. Pastikan pasokan makanan dan minuman selalu tersedia dengan baik.

Selamat merawat kelinci hamil anda, semoga berhasil!!

3 comments:

  1. Kelinci ini imut, makasih banyak panduan memelihara kelinci hamil ini.

    ReplyDelete
  2. sama-sama
    doakan kelinciku lahir sempurna yaa dan sehat ,., :)

    ReplyDelete