8/5/11

Tips Menjaga Kesehatan Marmut

Saat ini, marmut populer menjadi Hewan Peliharaan di rumah. Tentu saja hal ini disebabkan oleh wajahnya yang imut membuat siapa saja ingin memeliharanya, terutama anak-anak. Namun, tetap saja jika ingin memelihara marmut harus ekstra hati-hati karena binatang ini dapat kabur jika tidak menyukai lingkungan barunya. Oleh karena itu, marmut harus dibiarkan terlebih dahulu agar dia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya tersebut.

Binatang penyuka sayuran ini juga sangat mudah kaget apalagi jika mendengar suara keras. Oleh karena itu, jika anda ingin berkomunikasi dengannya terlebih dahulu belailah dan ajaklah bicara dengan suara pelan dan lembut. Cara memegannya pun harus benar karena jika tidak, binatang bermata jernih ini akan menggigit.

Ternyata untuk menjaga kesehatannya, marmut juga memerlukan olahraga setiap hari. Lalu bagaimana cara membuat marmut berolahraga, kita cukup membuat rintangan dari pipa, batu bata, dan lain-lain sebagai wahana olah raga untuk marmut. Marmut sangat suka berlari-lari meloncati rintangan, bahkan ada juga marmut yang suka menyundul-nyundul bola kecil. Bulu marmut yang lembut dan panjang ternyata juga harus dirawat agar tidak mudah rontok.

Caranya dengan mengeramasi bulu marmut dengan shmpoo khusus. Kulit marmut pun perlu dijaga agar terawat kelembabpannya sehingga diperlukan shampo khusus untuk anak kucing, kuku marmut pun perlu diguntingi agar tidak terlalu panjang. Kegiatan mengguntingi kuku marmut dapat dilakukan satu bulan sekali agar marmut tidak kaget dan terbiasa.

Demikian lah Tips Menjaga Kesehatan Marmut dari saya semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!!!

0 komentar:

Post a Comment