6/11/11

Penyakit Pada Hamster

Pada dasarnya, hamster merupakan Hewan Peliharaan yg memiliki daya tahan tubuh yg kuat. namun, ada beberapa penyakit yg mungkin dapat menyerangnya ketika daya tahan tahan tubuh hamster lemah. Namun sangatlah sulit untuk menditeksinya karena tubuhnya kecil, kesulitan lainnya adalah apabila penyakitnya tidak bisa diobati biasanya hamster akan cepat menemui ajalnya dalam jangka waktu 1-7 hari.

Berikut Ciri – ciri antra hamster yang sehat dengan hamster yang sedang terserang penyakit : 

Hamster yang sehat memilik ciri sebagai berikut :
- Mata mereka akan bersih, cerah, awas,
- Memiliki bulu yang mengkilap, dan
- Telinga yang tegak, meskipun hamster baru saja bangun dari tidurnya, sebentar saja      telinganya akan berdiri tegak dengan baik.

Sedangkan hamster yang sakit memiliki ciri sebagai berikut :
- Diam saja di sarangnya meskipun ada beberapa kejadian menarik di luar.
- Waktu dia keluar, matanya mungkin setengah tertutup dan telinganya tetap turun dan rata
dengan kepalanya.
Berikut ini beberapa penyakit umum yg menyerang hamster :
SALESMA
Salesma atau pilek pada hamster biasa disebabkan oleh udara panas atau penurunan suhu secara drastis. Suhu yg ideal untuk hamster antara 18-22 derjat celcius selain itu, selesma juga dapat ditularkan dari manusia. Gejala salesma dimulai dari hamster yg sering bersin dan kluar cairan dari mata dan hidung. Lalu hamster terlihat lesu, matanya setengah menutup dan slalu terlihat bergelung (tidur) disalah satu sudut kandang. Ada kalanya tubuh hamster akan terasa dingin jika disentuh.

DIARE
Terjadinya diare dapat disebebkan konsumsi sayuran dan buah2an yg berlebihan dan terus menerus, perubahan jenis makanan secara mendadak, kandang kotor yg tidak dibersihkan, atau adanya bakteri. Ketika menderita diare, bagian ekor hamster terlihat slalu basah,terutama di sekitar anus dan ekornya. Karena hamster sering buang air maka kandang akan berbau tidak enak serta terlihat kotor dan basah. biasanya, bau kandang hamster yg sehat tidak menyengat dan kering.

0 komentar:

Post a Comment